5 Manfaat dan Pentingnya Melakukan Relaksasi Selepas Lelah Beraktifitas

Tingkat stress yang tinggi karena frustasi akibat dari pekerjaan atau deadline di kantor yang tak kunjung usai seringkali berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain itu, stress juga bisa menimbulkan beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung, sakit kepala, gangguan kecemasan hingga depresi yang apabila tidak segera diatasi dengan cepat dan tepat justru bisa lebih membahayakan. Untuk bisa mengontrol tingkat stress kamu, sebenarnya ada beberapa treatment yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah dengan melakukan relaksasi. Relaksasi ini terbilang cukup mudah karena bisa dilakukan di rumah dan juga murah karena tidak memerlukan biaya yang begitu mahal. Nah, biar nggak penasaran, yuk simak beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari melakukan relaksasi di bawah ini.

1. Meredakan stres dan depresi

Manfaat pertama dari melakukan relaksasi adalah dapat menurunkan tingkat stress dan juga depresi. Kamu bisa lakukan relaksasi ini dengan beberapa teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga.

2. Mengurangi kecemasan dan phobia

Tidak hanya berguna untuk meredakan stress dan depresi, relaksasi juga bisa membantumu untuk mengurangi kecemasan atau phobia yang kamu alami.

3. Membantu tubuh mengeluarkan zat endorfin

Kenapa setelah dipijat/direlaksasi rasa pegal atau lelah bisa hilang? Hal ini bisa terjadi karena pijat relaksasi dapat merangsang otak untuk mengeluarkan hormon endorfin. Kadar dopamin dan serotonin dalam tubuh pun juga akan meningkat. Hormon-hormon inilah yang dapat memperkuat tubuh secara fisik dan emosional, mulai dari meredakan rasa sakit pada tubuh hingga membuatmu bisa merasa lebih tenang dan bahagia.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Dengan rutin berolahraga dan perbanyak konsumsi buah dan juga sayuran ternyata dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kamu. Agar imunitas tubuh dapat bekerja secara optimal dan tubuh tidak muda terserang penyakit, penting untuk kamu bisa menerapkan pola hidup yang sehat.

5. Menurunkan tekanan darah

Tak hanya tekanan batin, ternyata tekanan darah pun bisa diturunkan dengan kamu melakukan relaksasi secara rutin. Banyak orang yang beranggapan bahwa pijat relaksasi hanya untuk mengurangi rasa sakit atau pegal yang ada pada tubuh, nyatanya pijat relaksasi juga dapat membantu memperlancar sirkulasi hingga menurunkan tekanan darah pada tubuh. Efek dari pijat relaksasi juga berperan penting dalam mengurangi dan menekan hormon stress kortisol.

Meskipun banyak manfaat dari relaksasi yang bisa kamu rasakan, namun kamu tidak bisa hanya mengandalkan relaksasi ini saja. Tentunya kamu juga harus pintar-pintar mengontrol emosi dan mood kamu agar lebih stabil dan mulailah jalani pola hidup yang sehat seperti atur pola makan, berlibur hingga manfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin.

#Kreditplus #PastiPlus #PLUSCERDAS #ManfaatRelaksasi #PentingnyaRelaksasi #RelaksasiBagiKesehatanTubuh

Back To List