Tips Menikmati Masa Pensiun Dengan Mulai Berinvestasi Sejak Dini

Sudah bisa dipastikan, hampir setiap orang pasti akan mengalami fase dimana terlalu sibuk di usia muda hingga lupa waktu untuk di hari tua. Karena semakin bertambahnya umur, semakin berkurangnya juga tingkat produktivitas kita untuk melakukan aktivitas kantoran.

Apa kamu yakin, mau menghabiskan waktu seumur hidup hanya untuk bekerja di kantoran? Jangan sampai deh, kamu tua jadi karyawan. Setiap orang pastinya mau menikmati masa pensiun yang nyaman dan menghabiskan waktu yang tersita saat masih muda bersama keluarga di rumah. Maka dari itu, wajib hukumnya buat kamu mulai persiapkan investasi untuk masa pensiunmu nanti. Kalo bukan sekarang? Mau mulai kapan lagi?

Tips #1 Mulai Susun Rencana Dana Pensiun

Saat kamu masih bekerja pada usia 23 - 30 tahun, kamu masih memiliki waktu yang cukup untuk bisa menabung dan menikmati bagaimana rasanya hidup dengan ‘uang sendiri’. Karena pada umur segitu, kamu belum memiliki begitu banyak tanggungan yang besar. Saat menginjak usia 40 – 50, karier-mu pun mulai berkembang dan sudah waktunya kamu memikirikan jenis investasi apa yang cocok untukmu. 

Jadi pada saat usiamu sudah menginjak kepala 6, kamu hanya tinggal menikmati hasil jerih payahmu selama ini. Sebelum terlambat, mulai susun rencana dan timeline hidupmu untuk beberapa tahun kedepan.

Tips #2 Jangan Suka Menunda, Mulai Investasi Sekarang Juga

Untuk permulaan, kamu bisa memulai berinvestasi pada saham dan reksa dana saham. Pada instrument investasi ini, kamu bisa menikmati hasilnya pada jangka waktu yang cukup panjang. Jika lebih tertarik dengan investasi yang memiliki risiko paling rendah, kamu bisa mulai berinvestasi di reksa dana pasar uang, deposito atau logam mulia. Meskipun keuntungan yang didapat belum begitu besar, setidaknya kamu sudah berani untuk memulai berinvestasi.

Tips #3 Kurangi Berutang, Perbanyak Penghasilan Tambahan

Di usia hampir menginjak 60 tahun, harusnya penghasilan kamu sudah tidak hanya mengandalkan dari gaji sebagai karyawan kantoran lagi. Kamu bisa mulai memikirkan bagaimana caranya untuk mendapatkan sumber penghasilan lain dengan tambahan modal usaha yang bisa kamu kelola sendiri. Seperti menjalankan bisnis kos-kosan, kontrakan, rumah makan, rental mobil misalnya. 

Bisnis inilah yang nantinya akan sangat membantumu untuk menjalankan masa pensiun dengan tenang bersama keluarga tersayang. Tidak perlu usaha begitu keras, tinggal duduk di rumah dan uang yang akan datang menghampiri.

Tips #4 Persiapkan Asuransi Untuk Proteksi Masa Pensiunmu Nanti

Sebelum memasuki usia 40 tahun, sudah seharusnya kamu memiliki asuransi yang cukup untuk proteksi di masa pensiun nanti. Seperti asuransi penyakit kritis, asuransi kesehatan, asuransi jaminan hari tua dan lain sebagainya. Jenis asuransi ini wajib kamu miliki untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga terjadi di masa pensiunmu nanti. 

Masih mau menunda untuk mempersiapkan segala kebutuhan untuk masa pensiun nanti? Yuk, mulai investasi dari sekarang. Pilih jenis investasi yang cocok dengan kondisi keuanganmu, semakin cepat kita mengawali maka makin besar pula keuntungan yang bisa kita raih di masa tua nanti.

#Kreditplus #Pastiplus #PLUSMONEY #InvestasiUntukMasaPensiun #Investasi #MasaPensiun #HariTua #HarusnyaBahagia

Kembali