Oversubscribe 3,1 Kali, KB Finansia Multi Finance Sukses Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

JAKARTA, anak perusahaan KB Kookmin Card di Indonesia, yaitu PT KB Finansia Multi Finance (“Perseroan”) berhasil menerbitkan obligasi sebesar Rp 1 Triliun.

Pada masa bookbuilding, obligasi yang ditawarkan mendapatkan respon positif dari investor dimana permintaan investor mencapai Rp 3,153 Triliun, oversubscribe 3,1 kali lipat lebih banyak dari rencana penerbitan awal sebesar Rp 1 Triliun. Obligasi ini merupakan obligasi perdana yang diterbitkan oleh Perseroan dan langsung sukses diterima pasar dengan baik.

Struktur obligasi ini terdiri dari 2 seri, yaitu Seri A sebesar Rp 686 Miliar dengan tenor 1 tahun dan tingkat suku bunga tetap sebesar 4.70% per tahun dan Seri B sebesar Rp 314 Miliar dengan tenor 3 tahun dan tingkat suku bunga tetap sebesar 7,40% per tahun. Dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi ini akan digunakan untuk modal kerja seperti pembiayaan mobil, motor serta elektronik (whitegoods).

Melalui penerbitan obligasi ini, Perseroan telah meletakkan fondasi untuk terus tumbuh dan berkembang untuk mencapai target Perseroan menjadi top 5 multifinance terbesar di Indonesia di tahun 2030. 

Pihak Perseroan mengatakan, “Penerbitan obligasi pertama ini sangat berarti karena walaupun terdapat hambatan dalam penerbitan yang disebabkan oleh volatilitas pasar akibat kondisi perekonomian global yang menyebabkan penurunan minat investor terhadap obligasi, kami tetap sukses melakukan penerbitan obligasi”, lebih lanjut mereka mengatakan, “Sebagai perusahaan afiliasi dari KB Financial Group yang merupakan lembaga keuangan terkemuka di Korea Selatan, Perseroan memiliki kredit rating yang sangat baik, tingkat pertumbuhan kinerja Perseroan yang tinggi dan kualitas aset yang sehat sehingga mendapat respon yang baik dari investor-investor di Indonesia.”

Sementara itu, total aset Perseroan hingga akhir Juni 2022 adalah sebesar Rp 6,61 Triliun (sekitar KRW 575,8 Miliar), meningkat 217% dibandingkan Juli 2020 saat Perseroan pertama bergabung sebagai anak perusahaan KB Kookmin Card, selain itu rata-rata pembiayaan bulanan yang disalurkan juga meningkat lebih dari dua kali lipat dan terus menunjukkan pertumbuhan yang tinggi.

Back To List