Nggak Perlu Jual Asset, Begini Cara Dapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kamu!

Ingin membangun sebuah bisnis atau usaha sendiri memang cita-cita setiap orang. Harapan agar tidak perlu lagi bekerja sebagai karyawan di kantor bisa juga menjadi sebuah motivasi untuk memiliki bisnis dan usaha sendiri.

Namun sayangnya harapan ini seringkali pupus karena terkendala dan terbatasnya modal usaha. Untuk membangun sebuah bisnis tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tak jarang, berbagai macam risiko pun rela diambil demi mendapatkan modal usaha.

Padahal sebenarnya ada banyak cara untuk mendapatkan modal usaha yang kamu butuhkan tanpa harus menjual aset yang kamu punya. Mau tahu gimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1.    Menabung

Salah satu cara untuk mendapatkan modal usaha secara mandiri adalah dengan cara menabung, yaitu dengan menyisihkan beberapa persen dari penghasilan kamu setiap bulannya.

Contohnya:

Dengan menyisihkan Rp 1 juta dari penghasilan/gaji kamu setiap bulannya, maka total uang yang bisa kamu kumpulkan dalam waktu 10 bulan akan menjadi Rp 10 juta. Nah, sekarang kamu sudah siap untuk bangun usaha kamu sendiri, dengan menggunakan modal usaha kamu sendiri juga.

2.    Cari Partner Bisnis

Jika memang ada teman atau kerabat kamu yang memiliki keinginan serta visi yang sama untuk membangun usaha dibidang yang sama, kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk mengajaknya bekerja sama bukan? Selain modal usaha bisa ditanggung bersama, suka duka pun bisa dipikul bersama. Namun harus tetap diingat, meskipun itu bisnis bersama, kamu juga harus memperhatikan pentingnya komunikasi seperti menyatukan pendapat hingga perhitungan pembagian keuntungan. Untuk mengantisipasi hal itu, kamu harus ketahui betul siapa partner bisnis kamu dalam membangun sebuah usaha. Jangan sembarangan pilih partner bisnis, karena bisa merugikan kamu nanti kedepannya.
 

 

3.    Crowdfunding

Mengumpulkan modal usaha tidak melulu harus menguras tenaga kesana kemari demi mendapatkan pinjaman. Dengan bermodalkan laptop dan internet saja kamu sudah bisa mendapatkan modal lewat sponsor, yaitu crowdfunding. Sistem yang dimiliki oleh crowdfunding ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sponsorship. Kamu hanya perlu menawarkan jenis usaha kamu lewat sebuah situs, lalu tinggal menunggu para pengunjung situs tersebut tertarik dan berminat untuk menjadi sponsor dari usaha yang kamu tawarkan tadi. Jadi kamu bisa lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya.

4.    Meminjam dana dari keluarga

Segera usulkan dan utarakan niat usaha kamu kepada keluarga atau kerabat terdekat. Siapa tahu dengan melihat kesungguhan dan tekad kamu yang kuat, mereka bersedia untuk meminjamkan sedikit uangnya untuk membantu menambahkan modal kamu. Tapi ingat, untuk meyakinkan mereka kamu juga perlu membuat proposal serta rencana/prospek bisnis kamu kedepannya. Jangan lupa juga untuk mengembalikkan dana yang telah kamu pinjam jika usaha kamu sudah sukses dan berkembang.

5.    Gadai Aset


Cara ini termasuk menguntungkan karena kamu bisa memperolah modal usah tanpa harus menjual aset. Menggadaikan aset kamu terbilang cukup aman kok. Selain prosesnya yang cepat, bunganya juga relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan pinjaman di bank. Kamu juga bisa mengatur cashflow kamu sendiri agar bisa menebus dan membayar cicilan barang yang kamu gadaikan.

Salah satu perusahaan multifinance terbaik yang dapat memberikan kamu pinjaman modal kredit dengan agunan adalah Kreditplus. Kreditplus menyediakan fasilitas pinjaman berupa agunan motor dan mobil sebagai salah satu solusi kebutuhan modal usaha kamu. Penasaran? Kamu bisa langsung kunjungi situs resminya di www.kreditplus.com atau di web www.tokopedia.com yang bisa kamu akses di layar desktop kamu. Tapi sebelum itu, kamu harus perhatikan beberapa syarat & ketentuan yang diperlukan jika ingin mengajukan kredit dengan agunan di Kreditplus, ya!

Sebelum memilih beberapa opsi cara mendapatkan modal untuk usaha, ada baiknya pastikan terlebih dahulu usaha apa yang ingin kamu bangun. Kamu harus pahami juga secara detail apa-apa saja yang harus dilakukan termasuk risiko yang harus ditanggung. Jika sudah yakin, baru selanjutnya kamu memilih modal usaha apa yang paling cocok dengan bisnis kamu.

#KreditPlus #PastiPlus #PLUSMONEY #ModalUsaha

Kembali