Mengenal Jenis Kredit Berdasarkan Kegunaan dan Jangka Waktu Pengembalian

Dalam dunia perbankan, istilah kredit lebih sering digunakan untuk memberikan sebuah fasilitas pinjaman kepada seorang nasabah yang bersifat individu atau badan usaha.

Pada umumnya, kredit juga dianggap sebagai salah satu solusi keuangan bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan secara finansial untuk memenuhi kebutuhannya. Namun sebelum kredit diberikan, biasanya bank terlebih dulu melakukan penilaian terhadap kemampuan nasabah dalam membayar angsuran dan bunga setiap bulannya. Mengingat semakin banyak peminat kredit yang berlaku di masyarakat, ada baiknya kita mengenal lebih jauh jenis kredit berdasarkan kegunaan dan jangka waktu pengembaliannya seperti di bawah ini.

1. Kredit Modal Kerja

Kredit yang satu ini biasanya dimanfaatkan sebagai modal kerja atau modal untuk membangun dan mengembangkan usaha. Kredit modal kerja ini bersifat produktif, artinya kredit ini diharapkan mampu menciptakan sebuah barang produk atau jasa dari kegiatan usaha sehingga dapat menghasilkan keuntungan untuk membayar tiap angsuran kredit setiap bulannya.

2. Kredit Investasi

Hampir sama dengan kredit modal kerja, kredit investasi ini juga bersifat produktif, dimana kredit ini dimanfaatkan sebagai bentuk investasi atau penanaman modal untuk menghasilkan keuntungan. Namun kredit investasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam memberikan keuntungan.

3. Kredit Konsumtif

Kredit konsumtif merupakan kredit yang pada dasarnya digunakan untuk keperluan atau kebutuhan yang sifatnya pribadi.

Baca Juga: Cara Jitu Menghindari Lilitan Utang Dari Dana Pinjaman Online

4. Kredit Jangka Pendek

Kredit berdasarkan jangka waktu pengembalian yang pertama adalah kredit jangka pendek. Sesuai dengan namanya, kredit jangka pendek memiliki jangka waktu pengembalian rata-rata kurang dari 1 tahun. Biasanya kredit jangka pendek ini cocok digunakan untuk membiayai kebutuhan modal kerja yang dimana dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun sudah bisa terlihat keuntungannya.

5. Kredit Jangka Menengah

Sedikit lebih lama dengan kredit jangka pendek, kredit jangka menengah ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun untuk bisa melakukan pengembalian kredit. Seringkali kredit jangka menengah ini digunakan oleh pengusaha yang bergerak di sektor Usaha Kecil Menengah atau yang akrab dikenal sebagai UKM.

6. Kredit Jangka Panjang

Jangka waktu pengembalian dari kredit jangka panjang ini cukup lama, yaitu bisa sampai 5 tahun bahkan lebih. Kredit jenis ini biasanya lebih cocok digunakan untuk kredit investasi pada pembelian mesin-mesin atau alat-alat berat perusahaan.

Baca Juga: 3 Jenis Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan Untuk Pemula

Keinginan serta kebutuhan manusia yang tak terbatas tentu tidak bisa diwujudkan tanpa adanya kemampuan keuangan yang memadai. Maka dari itu pemerintah maupun badan usaha swasta memberikan solusi keuangan berupa program kredit yang dapat dipinjamkan kepada nasabah yang membutuhkan dan nantinya nasabah juga memiliki kewajiban untuk mengembalikan dana yang sudah dipinjam. Tiap-tiap kredit tentunya menyesuaikan setiap kebutuhan yang dibutuhkan oleh nasabahnya. Jadi, apa kamu sudah menentukan kredit mana yang akan kamu butuhkan?

#Kreditplus #PastiPlus #PLUSMONEY #JenisKredit #KreditBerdasarkanKegunaan #KreditBerdasarkanJangkaWaktu

Kembali