Masih Sulit Dapatkan Panggilan Kerja? Jangan Nyerah Dulu, Coba Lakukan 5 Cara Ini!

Jangan nyerah kalo sampai sekarang masih belum dapat panggilan kerja, masih ada banyak cara yang bisa kamu lakukan!

Jika kamu adalah salah satu dari ribuan orang di luar sana yang masih berjuang untuk mendapatkan panggilan kerja hingga saat ini, berarti kamu masih harus perlu melakukan usaha yang lebih ekstra lagi agar bisa mendapatkan panggilan kerja.

Sebelum mendapatkan panggilan kerja, biasanya ada beberapa proses yang harus kamu lalui. Mulai dari persiapkan CV, resume dan berkas-berkas lainnya yang dibutuhkan hingga proses seleksi, interview dan psikotes yang akan kamu lalui nantinya jika memang kamu yang dibutuhkan oleh perusahaan yang kamu lamar.

Sebenarnya banyak sekali faktor-faktor yang bisa mempengaruhi lolos atau tidaknya seleksi calon karyawan. Bisa dari faktor akademis juga dari faktor non-akademis. Karena yang menjadi bahan pertimbangan perusahaan bukan hanya dari faktor akademisnya saja, namun faktor non-akademis seperti pengalaman organisasi serta prestasi lainnya juga bisa jadi bahan pertimbangan yang akan di evaluasi lebih jauh oleh perusahaan.

Nah untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin perlu kamu lakukan agar bisa mendapatkan panggilan kerja. Meskipun keputusan tetap ada di tangan perusahaan yang ingin kamu lamar, tapi apa salahnya mencoba tips di bawah ini, siapa tahu bisa membantu.

1. Perluas jaringan relasi pertemanan lewat organisasi/komunitas

Perbanyaklah relasi pertemananmu baik di dunia maya maupun berkenalan secara langsung. Jangan pernah sungkan untuk menanyakan info lowongan pekerjaan ke teman semasa sekolah maupun kuliah. Dengan aktif bertanya info lowongan pekerjaan yang sesuai dengan passion atau skill kamu di sosial media sudah pasti itu akan sangat membantumu. Apalagi saat ini sudah banyak orang-orang yang membagikan info lowongan pekerjaan dengan cara memposting di sosial media mereka masing-masing.

2. Upgrade potensi dalam diri

Setiap manusia diciptakan di dunia ini pasti memiliki paling tidak satu atau lebih kelebihan yang ada di dalam dirinya. Biasanya kelebihan yang ada dalam diri ini bisa timbul dari hobi, bakat ataupun minat.  Seperti menulis, menggambar, bermain alat music, hingga bermain game. Pun, dalam dunia pekerjaan, biasanya perusahaan sangat membutuhkan orang-orang yang memiliki soft skill (kemampuan dalam bersosial, bekerja dalam satu tim, inovatif dan kreatif) dan juga hard skill (kemampuan berbahasa asing, mengerti teknologi, kemampuan akademis, dll). Penting buat kamu untuk upgrade potensi dalam diri seperti ikut seminar, workshop, hingga training agar CV dan resume kamu bisa dilirik oleh perusahaan.

3. Jangan lewatkan kesempatan magang!

Saat ini banyak perusahaan yang seringkali membuka program magang atau internship dengan jangka waktu yang pendek. Tak ada salahnya, selagi menunggu panggilan kerja kamu bisa mengikuti program magang tersebut. Ya, hitung-hitung bisa menambah pengalaman serta menjadikan CV atau resume kamu memiliki nilai lebih di mata perusahaan. Karena semakin banyak ikut program magang, semakin bervariasi dan menarik pula CV atau resume yang kamu miliki.

4. Kirim lamaran kerja via online

Kamu bisa manfaatkan media internet untuk mengirimkan CV-mu secara online. Beberapa situs lowongan pekerjaan online yang bisa kamu manfaatkan diantaranya, Jobstreet, Jobs.id, LinkedIn, dll. Setelah mengirimkan CV lamaran kamu, kamu tinggal menunggu jika ada panggilan lebih lanjut. Dengan begitu kamu jadi lebih bisa menghemat waktu, uang, tenaga dan pastinya jadi lebih praktis dan efisien.

5. Jangan lupa berdoa dan berikhtiar

Setelah segala usaha telah kamu lakukan dengan maksimal, selanjutnya kamu perlu berdoa dan berikhtiar. Karena segala keinginan dan harapan yang kamu butuhkan bisa terwujud jika kamu tidak lupa  untuk meminta dengan sang Pencipta agar mengabulkan segala doa yang kamu minta.

#Kreditplus #PastiPlus #PLUSKARIER #TipsDapatPanggilanKerja #InterviewKerja #LowonganPekerjaan

Kembali