Cara Ini Harus Kamu Lakukan Sejak Muda Jika Nggak Mau Miskin di Masa Pensiun!

Hidup dengan kondisi kebebasan finansial di masa pensiun wajib dimiliki setiap orang, termasuk kamu. Saat nggak lagi di usia produktif, kamu mungkin akan mulai menikmati  waktu senggang dengan dana yang ada.

Hidup dengan kondisi kebebasan finansial di masa pensiun wajib dimiliki setiap orang, termasuk kamu. Saat nggak lagi di usia produktif, kamu mungkin akan mulai menikmati  waktu senggang dengan dana yang ada.

Nah, mempersiapkan masa tua ini nyatanya nggak instan. Sejak muda kamu harus sudah punya perhitungan yang matang, termasuk pada kemungkinan terburuknya. Yakni jatuh miskin dan nggak bisa hidup tenang.

Lantas bagaimana agar kamu terbebas dari bayangan buruk ini?

Cara yang bisa kamu tempuh adalah dengan menerapkan presentase penghasilan dan tabungan secara lebih rinci. Maksudnya, sesuai dengan jejak karir dan pertambahan usia kamu seperti langkah berikut ini.

 

Menabung

ahloo-1900-masa-pensiun-emas

Menabung sejak dini amat disarankan. Bentuknya nggak harus uang tunai, tetapi bisa juga tabungan masa tua, asuransi, emas, hingga deposito.

Sebaiknya pakai presentase

ahloo-1900-masa-pensiun-buku-tabungan

Sebaiknya kamu menyisihkan tabungan hari tua bukan dengan angka tetapi presentase. Karena seiring meningkatnya karirmu, penghasilan kamu juga pasti mengikuti. Dengan presentase kamu akan lebih mudah menyesuaikan.

Mulai sejak dini

ahloo-1900-menabung-sekarang

Mungkin akan sulit menabung saat usiamu 20 tahun atau first jobber. Tapi pada masa ini usahakan kamu menyimpan 25 persen pendapatan tahunanmu. Sementara 75 persen sisanya kamu harus cukupkan untuk pengeluaran. Buatlah sistem pembukuan finansial yang baik.

Berkeluarga

ahloo-1900-biaya-sekolah-pendidikan

Saat berkeluarga otomatis pengeluaran kamu jadi lebih besar, seperti biaya sekolah anak. Nah, diusia 30, 40, dan 50 tahun juga bisa jadi sulit buat kamu punya simpanan.

Tapi dengan menerapkan prinsip punya tabungan yang jumlahnya dua kali pendapatan tahunan dalam lima tahun, kamu dipastikan sudah berkebebasan finansial di masa pensiun. Contohnya, gaji setahun kamu 100 juta. Maka dalam lima tahun kamu harus nabung 200 juta agar selamat.

Dana darurat

ahloo-1900-dana-darurat

Selain empat langkah di atas, kamu tetap harus punya dana darurat untuk antisipasi kejadian yang nggak diinginkan. Kunci selamatnya adalah jangan pernah gunakan dana pensiun untuk darurat. (ahloo)

sumber: lifehack

Kembali