6 Tips Jitu Menjadi Wirausaha Sukses yang Bisa Kamu Tiru

Tentunya untuk merintis sebuah usaha atau menjadi seorang wirausaha bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk para pemula yang ingin mencoba peruntungannya di dunia usaha.

Seringkali banyak di antara kita memiliki persepsi bahwa memiliki modal adalah hal yang penting dan utama untuk memulai karir dalam mendirikan sebuah usaha. Meskipun tidak sepenuhnya salah, namun sebenarnya networking atau relasi juga memiliki peranan yang cukup penting dalam memulai sebuah usaha.

Banyak sekali hal-hal penting lainnya yang perlu kamu persiapkan untuk memulai sebuah usaha atau menjadi seorang wirausaha yang sukses. Jika kamu adalah salah satu orang yang ingin merintis sebuah usaha, tidak ada salahnya menyimak beberapa tips jitu menjadi wirausaha sukses yang bisa kamu tiru seperti di bawah ini.

1. Menetapkan Ide dan Jenis Usaha

Pertanyaan yang muncul pertama kali saat ingin memulai sebuah usaha adalah “usaha jenis apa yang ingin kamu jalani?”. Ya, pada umumnya pertanyaan ini menjadi langkah dasar untuk mulai merintis sebuah usaha. Kamu juga perlu melihat peluang usaha apa yang bisa memberikan prospek serta keuntungan untuk mengembangkan usaha kamu. Ada baiknya, kamu memulai sebuah usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian yang kamu miliki. Agar nantinya kamu bisa menjalankan usaha kamu jadi lebih mudah dan terarah.

2. Tentukan Tujuan, Visi dan Misi

Memiliki tujuan, visi dan misi yang jelas untuk memulai sebuah usaha merupakan poin paling penting selanjutnya. Kebanyakan para pemula gagal dalam memulai suatu bisnis karena mereka tidak memiliki tujuan, visi dan misi yang jelas, dan pada akhirnya membuat mereka menjadi cepat menyerah. Jadi sebelum memulai untuk merintis sebuah usaha, disarankan kamu sudah memikirkan tentang tujuan, visi dan misi dari usaha yang ingin kamu buat.

3. Memperluas Networking dan Relasi

Networking dan relasi menjadi sebuah landasan untuk kelangsungan hidup usaha yang ingin kamu kembangkan nantinya. Untuk awal, kamu bisa mulai bergabung dengan beberapa komunitas yang memiliki latar belakang sama dengan usaha yang ingin kamu buat. Hal ini dapat kamu lakukan sebelum kamu memulai usaha sendiri, sehingga pada saat kamu mulai memasarkan produk/jasa yang ingin kamu tawarkan, kamu telah memiliki networking dan relasi yang luas lebih dulu.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Rutin ini Ternyata Bisa Menuntunmu Jadi Orang yang Sukses

4. Perhatikan Perilaku dan Kebutuhan Konsumen

Inilah alasan mengapa survey pasar menjadi sangat dibutuhkan sebelum memulai usaha. Karena dengan kamu memperhatikan atau menganalisa perilaku serta kebutuhan konsumen kamu, maka setiap penjualan produk/jasa dari usaha kamu akan semakin optimal.

5. Take An Action!

Jika kamu sudah memahami betul beberapa poin di atas, ini adalah saatnya kamu untuk mulai merancang bisnis apa yang ingin kamu buat. Persiapkan semua hal yang sekiranya kamu butuhkan untuk merintis usaha kamu. Ingat, persiapkan segala sesuatunya secara matang dan terencana.

Mulai dari strategi, target pasar, produk hingga perhitungan modal yang akan kamu gunakan nantinya. Jangan sampai niat dan perjuangan kamu untuk memulai sebuah usaha baru menjadi gagal dan tidak berkembang hanya karena persiapan yang kurang matang.

6. Terus Belajar dan Selalu Evaluasi

Setiap perjalanan untuk memulai suatu usaha pasti ada “naik-turun” dan “pasang-surutnya”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan saran dari orang lain. Teruslah belajar dan selalu evaluasi setiap hasil yang kamu dapatkan agar usaha kamu tidak mati dan terus berkembang.

Baca Juga: 9 Motivasi Rahasia yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pengusaha

#Kreditplus #PastiPlus #PLUSKARIER #TipsJadiWirausahaSukses #TipsJadiEntrepreneurship

Back To List