5 Langkah Bikin Dompet Tetap Aman Sepulang Liburan

Liburan telah berakhir dan kini kamu harus siap menghadapi kembali rutinitas. Semoga liburan berkesan kemarin dapat memberikan spirit baru padamu untuk menjalani hari-hari ke depan ya!

Berbicara soal keuangan, bagaimana kondisi dompet kamu saat ini? Agar tidak terjebak dengan situasi ‘bokek’ karena adanya pengeluaran tidak diduga saat liburan kemarin, simak 5 tips yang berguna hingga waktu gajian tiba ini, yuk!

1. Belanja dengan uang tunai.

Hindari penggunaan kartu kredit atau kartu debit. Uang yang secara kamu rasakan secara fisik mampu mengontrol pengeluaranmu.

2. Hitung dan tulis kembali pengeluaran kamu.

Coret pengeluaran bulanan yang masih dapat kamu tekan pekan ini. Cobalah untuk bertahan dengan situasi keuangan terburuk. Catat setiap pengeluaran, meskipun jumlah itu hanya 500 rupiah.

3. Menggunakan dana emergency.

Idealnya, kamu harus dapat memiliki 3-6 bulan dana emergency yang dapat menyelamatkan dirimu. Untuk saat terdesak seperti setelah liburan ini tidak ada salahnya menggunakan uang tersebut, tapi kamu harus segera mengembalikannya setelah gajian.

4. Bawa bekal.

Siasati pengeluaran makan siang kamu di sekolah atau kantor dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Agar lebih hemat lagi, pilihlah masakan yang banyak sayur. Kamu juga dapat menerapkan diet ketat yang selama ini belum sempat kamu lakukan. Kamu juga dapat menghemat dengan bawa air minum sendiri.

5. Manfaatkan promosi.

Jangan sedih, kamu masih dapat menikmati makan enak atau nonton di akhir pekan dengan rajin memperhatikan promosi yang ditawarkan situs-situs penjual e-coupon dan bioskop favoritmu.

Sumber: ahloo

Kembali